Recomended

AGAINST CORRUPTION COLLUSION & NEPOTISM

"NEGERI MAKMUR TANPA KORUPSI"

Selasa, 07 Juni 2011

tips & trik mengikuti pelelangan

Tips & trik mengikuti pelelangan

  1. Cari informasi di Kementrian, Departemen, Lembaga, Intansi, apakah ada pelelangan yang diadakan. (bagaimana mengikuti pelelangan kalau tidak ada pelelangan tender yang terbuka)
  2. Ketahui dengan pasti nama Paket yang dilelang. Nama Paket lelang tidak boleh salah, karena nantinya penawaran dianggap bukan untuk paket tersebut)
  3. Periksa Kualifikasi Company Anda. Jangan Pernah mengikuti pelelangan bila kualifikasi kompany Anda tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan. Karena akhirnya anda akan digugurkan. Hanya menyita waktu dan tenaga dalam membuat dokumen Penawaran. Terlebih hanya membuang biaya.
  4. Daftarlah Perusahaan Anda pada lelang yang ingin Anda Ikuti. (Ingat sesuai dengan kualifikasi perusahaan Anda)
  5. Pelajarilah dengan seksama dokumen yang diberikan oleh panitia.
  6. Mulailah membuat Penawaran..
Yang dibuat pertama kali adalah Surat Penawaran. Surat Penawaran ditujukan kepada panitia sesuai dengan Instruksi Dokumen Pengadaan. Surat Penawaran Memuat antara lain
  1. Nama Paket Yang Diiukuti
  2. Nilai Nominal Penawaran yang Anda Ajukan.
  3. Jangka waktu berlakunya Penawaran
  4. Jangka waktu Pelaksanaan.
Surat Penawaran harus ditandatangani oleh direktur, atau kuasa direktur yang diberi kewenangan untuk menandatangani dokumen. Betanggal.

Buatlah Fakta Integritas
Surat-Surat Pernyataan, Kemudian Isilah Dokumen Kualifikasi.
lengkapi dukumen-dokumen yang dipersyaratkan : misalkan :
  1. Untuk pengadaan barang biasanya dibutuhkan surat dukungan dari distributor, surat kepemilikan kendaraan, surat kepemilikan dan atau sewa gudang.
  2. Untuk Konstruksi biasanya dipersyaratkan dukungan peralatan-peralatan misalnya : peralatan alat berat, tukang kayu, tukang batu dan lain sebagainya.
Langkah selanjutnya adalah membuat Rencana kerja yang berisi rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Dari Rencana Pelaksanaan dijabarkan dalam bentuk metode Pelaksanaan. Metode Pelaksanaan menggambarkan kecakapan dan kesanggupan perusahaan kita dalam mengerjakan/menyelesaikan Pekerjaan yang kita tawar.
Gambarkan Spesifikasi Teknis barang/pekerjaan yang akan kita tawarkan.
Tentukanlah Harga Penawaran yang diakan ajukan. Tulis dengan jelas nilai nominal dengan angka dan dengan huruf. Nilai penawaran didapatkan dari analisis harga satuan dikalikan dengan jumlah volume pekerjaan. Semakin kecil nilai penawaran Anda maka peluang anda untuk menang juga semakin terbuka. Namun yang perlu diperhitungkan adalah laba rugi, jangan menawar terlalu rendah, apabila Anda tidak mendapatkan patokan harga, karena nantinya akan memberatkan Anda juga. Karena menawar terlalu rendah, maka margin keuntungan juga akan berkurang.

Periksa kembali kelengkapan-kelengkapan berkas penawaran, kemudian masukkan ke Panitia Pengadaan. Semoga Menang....


0 komentar :

Posting Komentar